Apakah Penting Collagen (kolagen) Pada Tubuh

Kolagen menjadi salah satu bahan penting yang harus tersedia dalam tubuh kita dalam jumlah cukup. Kolagen jugalah yang dapat membuat kita awet muda. Kolagen di dalam tubuh diperlukan sebagai bahan pembentuk protein essential ( protein penting dalam tubuh ) 30% protein di dalam tubuh kita adalah kolagen yang banyak ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan dan tendon. Ada 28 jenis kolagen di dalam tubuh namun jenis kolagen tipe I-V merupakan kolagen yang paling sering di temukan. Manfaat kolagen bagi kulit diumpamakan seperti tiang pada rumah apabila tiang rubuh maka rumah tidak dapat berdiri tegak. Kolagen pada kulit dapat meningkatkan produksi sel sel baru, membantu meremajakan kulit, menghaluskan dan membuat kulit bercahaya. 

Di usia mencapai 25 tahun seseorang akan kehilangan kolagennya sebanyak 1,5% dan di usia 40 tahun kolagen akan berkurang sebanyak 30-40%. Kebutuhan harian kolagen manusia pada umumnya yang berusia di atas 20 tahun adalah 1.000-4.000 mg. Pada saat tubuh kekurangan kolagen akan mempengaruhi banyak bagian tubuh pada persendian tulang misalnya. Kolagen berperan sama pentingnya seperti kalsium pada tulang. Hal ini disebabkan karena kolagen berfungsi sebagai perekat tulang agar sndi menyatu dan lentur. Penyakit degenerative yang sering ditemukan pada persendian adalah osteoarthritis dan keram kaki. Penyakit ini bersumber dari kehilangan kolagen yang membentuk 80% dari jumlah kepadatan tulang sedangkan kalsium, magnesium dan fosfor hanya 20% saja. Asupan kalsium tambahan sebenarnya tidak dapat menangani masalah tersebut hanya dengan penambahan kolagen yang cukup yang hanya mengembalikan kepadatan tulang yang normal dan memperlambat osteoporosis.

Sel-sel saraf di otak juga didukung oleh jaringan kolagen. Jika kolagen berkurang maka penyerapan nutrisi pada otak juga akan berkurang. Kekurangan nutrisi pada otak juga dapat mengakibatkan penyakit demensia atau pikun. Sedangkan pada mata tepatnya otot mata harus tetap lentur agar mata dapat bekerja dengan baik. Di usia muda kornea mengandung banyak kolagen dan seiring dengan bertambahnya usia kandungan kolagen yang menurun akan mengakibatkan kornea mengeras sehingga fungsi penglihatan akan menurun. 

Daerah kulit, rambut dan kuku juga banyak memerlukan kolagen. Kekurangan kolagen pada kulit akan membuat kulit menjadi kendur, berkerut, kusam dan berbintik bitnik hitam. Pada wanita kekurangan kolagen juga akan menyebabkan terjadinya kekenduran payudara sebab kolagen merupakan kmponen utama yang mendukung dan menegakan payudara. 

Rambut yang kekurangan kolagen akan telihat kusam, rapuh dan mudah rontok sedangkan kekurangan kolagen pada kuku akan membuat kuku menjadi mudah patah dan rapuh. Selain karena factor usia, factor kebiasaan sehari hari jug dapat mempercepat berkurangnya kolagen dalam tubuh. Kurangnya asupan nutrisi yang mencukupi, seperti konsumsi buah buahan, kurang tidur dan kurang olahraga juga dapat mempercepat kurangnya kolagen dalam tubuh sehingga berefek munculnya tanda tanda penuaan dini.

Oleh karena pentingnya kolagen tersebut, klinik Kecantikan Emily Aesthetic & Anti Aging di Jakarta Timur mempunyai treatment untuk mencukupi kebutuhan Kolagen anda yang dapat diberikan melalui oral, dan intravena melalui Injeksi dan Infus.