Beauty 101

  Bibir Hitam Walaupun Anda Tidak Merokok

  |  Sabtu, 20 April 2019 - 15:52:12 WIB | Dibaca: 34 kali 


Bibir yang sehat dan indah tentu akan memaksimalkan penampilan. Bibir memang seharusnya tidak berwarna gelap, apalagi hitam. Bibir hanya terdiri dari 3-5 lapisan sel, bandingkan dengan kulit wajah yang memiliki hingga 16 buah lapis. Sedikitnya lapisan tersebut membuat kulit bibir mengandung lebih sedikit penghasil pigmen melamin alias warna kulit.

Area bibir memiliki pembuluh darah, yang karena tipisnya lapisan bibir, maka bisa terlihat. Inilah yang menyebabkan bibir memiliki warna merah.Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Ketiadaan dua kelenjar tersebut menjadikan bibir sangat rentan kering dan pecah-pecah.

Penyebab bibir hitam bukan hanya karena kebiasaan merokok saja. Ada banyak hal yang dapat membuat bibir anda hitam. Bibir yang terlihat hitam bisa mengurangi penampilan anda. Walaupun anda tidak merokok, bibir anda bisa saja menghitam dan gelap akibat kebiasaan yang buruk. Apa saja penyebab dari perubahan warna bibir menjadi lebih hitam dan gelap meskipun tidak mempunyai kebiasaan merokok.

Penyebab bibir hitam :

1.Bibir kering

Bibir mudah sekali kering jika tidak sengaja anda lembabkan. Kulit bibir yang selalu terbuka, membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi jika di cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkan bibir tersebut mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

2.Gaya hidup dan kebiasaan

Selain merokok, kebiasaan lain yang dapat membuat bibir anda menjadi lebih gelap adalah minum alkohol. Zat asam yang terkandung di dalam alkohol adalah alasannya. Tidak hanya itu, terlalu banyak minum alkohol bisa mengakibatkan anda mengalami dehidrasi - meskipun alkohol adalah cairan. Sementara, salah satu dampak dehidrasi adalah membuat bibir pecah-pecah dan kemudian mengubah warna bibir menjadi lebih hitam.

3.Hiperpigmentasi

Penyebab bibir hitam lainnya adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana melanin di dalam tubuh terlalu banyak mempengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir. Biasanya, melanin terbentuk akibat terlalu sering terkena sinar matahari. Bagian wajah adalah bagian yang paling berpeluang untuk mengalami hiperpigmentasi karena sering terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, penting bagi anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan untuk menggunakan tabir surya. Untuk di bagian bibir, biasanya beberapa merek lipgloss atau pelembab bibir mengandung SPF - usahakan untuk menggunakan SPF 30 - yang dapat menjaga bibir anda menghitam akibat sinar matahari.

4.Mengalami anemia

Anemia bisa menjadi penyebab bibir hitam, kondisi ini disebabkan karena anda kekurangan hemoglobin - zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menghitam.

5.Sering mengonsumsi kafein

Makanan dan minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam yang anda miliki. Kafein sebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuat anda sering buang air kecil. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan anda mengalami dehidrasi, karena cairan terus keluar melalui urin. Sedangkan dehidrasi bisa membuat bibir anda pecah-pecah, tidak sehat, dan warnanya berubah menjadi lebih gelap.

6.Menggunakan produk kosmetik yang sudah kadaluarsa

Bagi wanita, melakukan aktivitas sehari-hari tidak lengkap rasanya jika tidak memakai lipstik. Ya, lipstik adalah penyempurna penampilan wanita. Namun apa jadinya jika lipstik yang anda gunakan setiap hari justru menjadi penyebab bibir hitam? Beberapa wanita sayang untuk membuang lipstiknya, walaupun sudah kadaluwarsa. Padahal lipstik tersebut tentu saja sudah jelek kualitasnya dan dapat mempengaruhi kesehatan bibir, salah satunya mengakibatkan bibir menjadi hitam.

7.Keracunan

Bibir anda akan hitam apabila mengalami keracunan. Racun yang bisa menjadi penyebab bibir hitam, yaitu merkuri, perak, tembaga, alkali kuat, dan berbagai jenis logam yang berbahaya lainnya.






0 comments:





Post Comments :